Masihkah Ada Foto Istri di Dompet Anda?

Oleh Ust. Cahyadi Takariawan
Adakah di antara anda yang menyimpan foto istri di dalam dompet saat ini? Coba periksa dompet anda masing-masing sekarang juga, adakah foto istri tersimpan di dalamnya? Mungkin sangat jarang ya. Bahkan bisa menjadi makhluk langka nih….Namun masih ada loh, suami-suami romantis yang suka membawa foto istri di dalam dompet mereka….

Dalam sebuah sesi pelatihan Wonderful Family beberapa waktu lalu, saat ditanyakan siapakah suami yang membawa foto istrinya di dalam dompet, ternyata ada tujuh orang yang mengangkat tangan. Ketika mereka diminta maju ke depan untuk menunjukkan foto istri yang tersimpan dalam dompet, ternyata ketujuh suami tersebut memang benar-benar bisa menunjukkan.
Tentu sangat langka untuk zaman saat ini, karena sebagian besar lebih memilih menyimpan foto istri atau suami di galery gadget mereka. Bukan foto tercetak di kertas yang disimpan dalam dompet. Rasanya seperti jaman dulu kala, bahwa foto masih teknologi kuno yang harus diafdruk atau dicetak fisik. Sekarang sangat jarang ada orang mencetak foto walaupun sangat banyak memotret dengan gadget. Rata-rata hanya menjadi simpanan di dalam gadget untuk kenangan atau dokumentasi.
Untuk Apa Menyimpan Foto Istri?
Pertama harus kami pastikan terlebih dahulu bahwa foto tersebut memang benar foto istri mereka. Kami lihat fotonya dan kami cocokkan dengan wajah istri mereka. Alhamdulillah cocok semua. Tidak ada yang menyimpan foto istri orang lain dalam dompet mereka. Benar-benar menyimpan foto istri sendiri.
Berikutnya kami tanya tentang alasan mereka. Tentu ada alasan mengapa seseorang menyimpan foto istri di dalam dompet mereka. Ketika ditanyakan kepada para suami tersebut, mengapa menyimpan foto istri di dalam dompet? Jawaban mereka sangat beragam.
“Untuk menjadi pengingat”, jawab suami pertama.
“Pengingat apa?” tanya kami.
“Agar setiap kali saya mau membayar di kasir saat berbelanja, segera teringat istri. Ini membuat saya tidak jadi berbelanja”, jawabnya.
Jawaban ini kontan mengundang tawa segar semua peserta pelatihan yang berjumlah sekitar seratus orang.
“Untuk menjadi penjaga dompet”, jawab suami kedua.
“Kenapa harus dijaga?” tanya kami.
“Biar dompet saya selalu utuh isinya, karena ada yang menjaga dan mengawasi”, lanjutnya.
Wah, ternyata bermotif eknomi semua nih kedua suami ini…. 🙂
“Jujur, sebenarnya saya tidak sengaja membawanya….”, jawab suami ketiga dengan lugu. Kontan seluruh ruang menjadi riuh rendah oleh gelak tawa peserta yang merasa geli oleh jawaban itu.
“Mengapa tidak sengaja?” tanya kami.
“Karena kemaren saya meminjam KTP istri saya untuk suatu urusan, namun lupa belum saya kembalikan. Jadinya KTP itu sekarang ada di dompet saya”, jawabnya polos dan jujur.
Jawaban jujur ini kembali memancing tawa segar dari para peserta. Wajar saja ia bisa menunjukkan foto istri, karena ternyata ia menyimpan KTP sang istri di dompetnya. Rupanya suatu kebetulan, bukan kesengajaan atau kebiasaan.
“Untuk menjaga kesetiaan”, jawab suami keempat.
“Apa maksudnya?” tanya kami.
“Dengan melihat fotonya di berbagai tempat, saya selalu bisa menjaga kesetiaan terhadap ikatan pernikahan kami. Karena saya bekerja di lingkungan yang rawan godaan”, jawabnya.
Waw… Ternyata suami ini selalu membawa sesuatu yang bisa mengingatkan kepada istri dan anak-anak. Ia membawa foto istri di dompet, memasang foto istri pada wall atau halaman smartphone serta laptop. Hal itu membuatnya selalu menemukan wajah istri dimanapun ia berada. Setiap membuka gadget, yang pertama dilihat adalah foto istri tercinta. Dengan cara ini, ia merasa selalu terjaga dalam kebaikan. Ia tidak tergoda oleh situasi kerja di perusahaan yang banyak godaan.
Seribu satu alasan suami membawa foto istri di dalam dompetnya. Namun salah satu fungsi pentingnya adalah untuk menjaga kesetiaan terhadap ikatan pernikahan mereka. Foto istri tercinta dengan pose yang paling cantik dan paling menarik bagi sang suami, bisa mengingatkan kepada cinta dan kasih sayang istri kepadanya. Sisi lainnya, hal ini membuat sang istri merasa bertambah yakin bahwa sang suami memang benar-benar mencintainya. Dengan demikian sang istri pun semakin cinta dan sayang kepada suami.
Jangan Menggunakan Secara Salah
Alhamdulillah dari ketujuh suami itu tidak ada yang menjawab bahwa foto istri digunakan untuk menyelesaikan masalah kantor. Seperti kisah canda yang banyak beredar, bahwa seorang suami selalu membawa foto istri di dalam dompetnya, setiap kali ia ke kantor. Ketika ditanya untuk apa ia membawa foto istri di dalam dompet, ia menjawab, “Setiap kali ketemu masalah berat di kantor, saya langsung membuka dompet untuk memandangi foto istri saya. Seketika masalah kantor itu pun lenyap”.
Teman-teman kantornya sangat takjub, betapa foto sang istri bisa memotivasi sedemikian hebat. “Bagaimana masalah berat bisa hilang hanya dengan melihat foto istri?” tanya teman-teman kantornya dengan antusias.
“Ya, setiap masalah berat datang, saya pandang foto istri saya sembari bertanya: apakah ada masalah yang lebih berat dari orang ini? Maka masalah seberat apapun langsung hilang….”
Ini tentu hanya candaan ya, bukan cerita sebenarnya.
Yang lebih parah lagi kalau ternyata di dompet suami tersimpan foto istri. Namun bukan istrinya sendiri, melainkan istri orang lain… Apapun alasannya, membawa foto istri orang lain atau perempuan lain di dalam dompet suami, berpotensi menimbulkan perang dengan istri yang akan segera mencemburui dan menuduhnya sebagai selingkuh.

Padahal bisa jadi ia hanya menemukan foto itu di depan gang, lalu bermaksud mengembalikan kepada yang bersangkutan….. 🙂

Disalin dari : http://www.kompasiana.com/pakcah/masihkah-ada-foto-istri-di-dompet-anda_56ccec76ca23bd98146acc14

Advertisements